Selasa, 08 September 2015

DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP MASYRAKAT DAN BUDAYA

logo-unej.jpg

TUGAS
SISTEM SOSIAL BUDAYA INDONESIA
MENGANALISA DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP
MASYRAKAT DAN BUDAYA









Oleh :
Wibi Murdi Asto Bangun
NIM : 100910301009


ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS JEMBER
2012





LATAR BELAKANG
            Globalisasi dalam mempengaruhi sistem sosial Indonesia berdampak positif dan negative, budaya yang dating dari dunia barat atau bisa di sebut dengan kaum kapitalis seperti Amerika, Inggris dan negara di eropa, banyak masyarakat Indonesia mengalami perubahan dengan cara gaya hidup barat, seperti berpakaian bergaul,. Dampak posistifnya terhadap dunia adalah kesamaan dan dapat seraam dalam dunia modern seperti kemajuan teknologi, semua negara baik di eropa mapun asia sama mengalami kemajuan teknologi, namun dengan seperti itu kita juga harus memperhatikan budaya Indonesia sendiri. Banyak masayrakat Indonesia lebih memhami budaya luar dari pada memhami budaya kita sendiri, ini yang membuat jati diri berbangsa dan bernegara terkikis dengan adanya globalisasi.
            Menyikapi dampak globalisi yaitu dengan memberikan pemahaman positif terhadap prespektif masayrakat untuk selalu memahami nilai yang ada dalam sistem sosial di Indonesia. Budaya Indonesia adalah multikultural banyak budya yang ada di negara Indonesia. Bermacam – macam budaya di Indonesia didukung dengan letak geografis yang maratim. Banyak pulau – pulau yang terpisah sehingga perbedaan nilai masayrakat menjadi ada. Bagaimana cara mempertahan keharmonisan seperti ini dan mempertahankan nilai – nilai budaya yang ada di Indonesia dengan menyikapi globalisai.

STUDY KASUS
DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP SOSIAL BUDAYA INDONESIA             
            Indonesia sering disebut masyrakat yang mempunyai solidaritas yang tinggi, mempunyai nilai budi luhur baik. Sifat gotong royong menjadi keistimewaan sendiri bagi masyarkat Indonesia, ini menjadi suatu kebanggaan karena sifat saling membantdan ramah memberikan solidaritas yang tinggi dan mempunyai toleransi yang baik pula. Terbukti dengan adanya suatu kegiatan di suatu daerah semisal acara perkawinan masing – masing individu membantu individu lain, namun dengan berkembangan jaman banyak nilai – nilai lokal budaya kehilangan jati diri. Seperti dampak globalisasi saat ini, seolah – olah bertolak arah bagaimana budaya barat ini bisa mengubah cara hidup masayrkat Indonesia untuk mengilangkan budaya indionesia itu sendiri.
            Dampak globalisasi menjadi sangat serius bagi sistem sosial Indonesia yaitu ketika sistem berbudaya di Indonesia lebih di dominasi dunia barat, perubahan demi perubahan di dalam masayrakat semakin terasa,  dengan berkembangan teknologi dan media masyarakat semakin mudah mendapatkan informasi sehingga hegemoni terhadap globalisasi masayrakat semakin tinggi, karena perubahan tataran nilai ter dominasi dengan nilai baru seperti kebudayaan barat menghegemoni budaya yang ada di Indonesia. Ini bisa dirasakan seperti timbulnya rasa individualism, pragmatis sehingga nilai – nilai yang di masyarakat menjadi berubah, rasa persaingan yang tingggi sudah menjadi keharusan bukan gotong royong  melainkan kepentingan yang ada. Dampak gobalisasi terhadap sosial budaya Indonesia ada dua yaitu positif dan negative.

DAMPAK AKIBAT GLOBALISASI
DampakPositifGlobalisasi :
1. Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan
2. Mudah melakukan komunikasi
3. Cepat dalam bepergian ( mobili-tas tinggi )
4. Menumbuhkan sikap kosmopo-litan dan toleran
5. Memacu untuk meningkatkan kualitas diri
6. Mudah memenuhi kebutuhan

Dampak negatif Globalisasi:
1. Informasi yang tidak tersaring
2. Perilaku konsumtif
3. Membuat sikap menutup diri, berpikir sempit
4. Pemborosan pengeluaran dan meniru perilaku yang buruk
5. Mudah terpengaruh oleh hal yang berbau barat
Begitu dampak positif dan negative globalisasi sekarang bagaimna kita menyikapi hal sepeti ini. Banyak yang menganalisa bahwa ini adalah nilai universal  dapat dialami oleh masayrakat di seluruh dunia. Namun yang menjjadi masalah ketika budaya local didominasi sehingga nilai budaya menjadi berubah. Jika kita melihat dengan terori struktural fungsional maka budaya dapat berubah ketika budaya lain bergesakan dengan budaya lainya.


SOLUSI
            Bagamimana kita menyikapi globalisasi yang mengubah cara pandang hudup masayrkat Indonesia, banyak yang mengatakan bahwa dengan adanya globalisasi kita dapat bersaingan lebih luas dan banyak perkembangan peradapan sehingga masyarakt tidak menjadi primitive ketika mengikuti perkembangan jaman yaitu globalisasi. Yang menjadi masalah adalah ketika perubahan nilai atau kebiasaan yang menjadi perbedaan prespektif individu erhadap nilai buadaya barat ini yang mendapatkan pertentangan bagi masayrakat indonnesia itu sendiri. Jika kita menganalisa dengan sistem struktural fungsional.
Pendekatan Struktural Fungsional
 
            Masyarkat sebagai sistem dan bagian – bagian yang saling berhubungan. Maka dari itu ketika globalisasi masuk dalam sistem sosial buadaya maka gesekan – gesekan ini menjadi efek perubahann dan gesekan tersebut menjadi nilai baru dalam budaya yang terdominasi oleh globalisasi. Sangat wajar ketika budaya Indonesia dapat berubah dengan mengikuti budaya barat. Karena budaya yang baru menjadi kesepakatan bersama dalam sistem fungsional struktural.  Menurut
David Lockwood:
Terdapat SUB STRATUM yang berupa DISPOSISI-DISPOSISI yang mengakibatkan timbulnya PERBEDAAN LIFE CHANCES (kesempatan hidup) dan KEPENTINGAN-KEPENTINGAN YANG TIDAK NORMATIF”.

 Jadi memang jelas perbadaan seperti seharusnya bisa di sadari oleh masayrkat. Kita tidak bisa menyalahkan Globlaisasi tapi yang kita harus pelajari kepada masyarkat memahami dampak globalisasi dan perubahan tersebut pasti di sepakati oleh semua masayrkat sebagai sistem.

Pendekatan Teori Dealitika
            Perunbahan yang terjadi saat ini memang tidak terasa seolah – olah kita terhegemoni oleh niali yang baru. Banyak pertentangan ketika globalisasi masuk dalam tataran nilai budaya Indonesia. Karena pada dasarnya perubahan itu tidak bersifat langsung melainkan gradual melalui tahap – tahap. Banyak dialetika atau pertentangan sebelum perubahan itu di sepakati bersama menurut Dahrendorf:
memandang bahwa perubahan sosial tidak terjadi melalui proses penyesuaian nilai-nilai yang membawa perubahan, tetapi terjadi akibat adanya konflik yang menghasilkan kompromi-kompromi yang berbeda dengan kondisi semula

Jadi prubahan ketika sudah menjadi nilai yang baru dalam masayrkat itu melalui kompromi – kompromi dan pada akhirnya disepakati oleh masayrkat itu senderi. Jadi globalisasi dengan segala damapak positif maupun negative itu hanya sebagaian nilai yang masih belum di sepakati oleh masayrakat sehinga pertentangan itu sllu muncul. Dan ketika nilai local masih bertahan maka budaya itu memang besifat tertutup dan masih belum menemukan titk equilibrium sehingga nilai baru yang masuk dalam sistem budaya masih belum dapat di spakati oleh individu dalam peran di kelompok masyarakat.

KESIMPULAN
            Globalisasi memanh tidak bisa di hindari karena ini sudah menjadi perubahan secara universal. Dalam menyikapi globalisasi agar nilai sistem budaya Indonesia mampu mempertahakan jati dirinya maka setiap masayrkat Indonesia harus sadar dan lebih bijak dan menerima budaya luar tanpa harus meninghgalkan nilai local. Budaya di Indonesia sangat penting sebagai gambaran ico sebagai Indonesia yang mempunyai budaya sendiri yatu multicultural. Kita tidak bisa memberikan efek ini sebagai masaalah melainkan sebagai perkembangan jaman.  Budaya kita juga harus di pertahankan untuk menmanfaatkan agar lebih berkembang dan mampu bersaing sehingga kita dapat memandang nilai local sangat bearti sebagai historiy setiap negara khusunya Indonesia, selaintu cara yang kedua yaitu mencintaibudaya- budaya yang ada di Indonesia.

DAFTAR PUSTAKA
Dampak Globalisasi dalam bidang Sosial Budaya.htm
Dampak Positif dan Negatif Globalisasi bagi Indonesia « Ayo Warnai Dunia.htm

dampak-globalisasi-terhadap-kehidupan-bermasyarakat-berbangsa-dan-bernegara-201102503.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar