Jumat, 19 Juni 2015

TEMPAT REHABILITASI STROKE JEMBER


BALAI REHABILITASI
“ PROSES FISIO TERAPI UNTUK PENYEMBUHAN STROKE “





OLEH : SUGENG SULISTIA


DESA JATISARI
REHABILITASI STROKE
KABUBATEN JEMBER 2014
BALAI REHABILITASI STROKE
Sugeng Sulistia adalah putra desa jatisari yang mempunyai keahlian dalam terapi atau kebugaran jasmani, dengan keahlian tersebut beliau memberikan pengabdianya sebagai insan manusia yang berjiwa sosial dan memberikan pengorbanan dalam menjalankan tugasnya untuk penyembuhan penyakit stroke, dengan ini beliau juga memberikan pengembangan terapi didunia modrensasi ini yang membuatnya lebih inovatif untuk terapi ini.
Berdirinya secara resmi di kembangkan pada tahun  1999 di Desa Jatisari  yang pada saat itu dimana prespektif masayarakat yang begitu dinamika, dengan proses perkembangan itu dengan tegas beliau memberikan semangat baru dan invatif di dunia medis, salah satunya metode yang dikembangkan oleh Sugeng Sulistia. Dengan proses yang begitu panjang jika dizinkan untuk memberikan wawasan yang lebih beliau sudah mengembangkan bakatnya sejak masih muda tepatnya pada usia yang masih berstatus siswa. Ini di latar belakangi oleh kondisi ekonomi dan ini yang membuat beliau mempunyai insiatif yang lebih terhadap bakatnya. Dengan ini bapak Sugeng Sulistia masih meneruskan pengabdianya untuk keseahtan bagi umat di dunia ini.


PENJELASAN
Kebanyakan sesorang mudah meremehkan kesehatan, karena dengan satu ini kita terbentr dengan egois diri kita masing – masing. Pernahkan kita mencoba sedikit memikirkan betapa pentingya tubuh kita. Dan kenapa ini terkadang menjadi sesuatu yang memberatkan kita untuk memikirkanya. Memang sebenarnya setiap individu sudah bisa berfikir dan sadar akan kesehatan namun kesadran itu hanya sebatas keinginan dan ini menjadi sesutau yang lumrah karena sering kita jumpai bahkan munkin itu driri kita sendiri. Adakah yang mampu memprediksi kapan kita sakit? Atau akankah kita bisa mengatasi kesehatan ini dengan baik, mungkin juga kita selamaya tidak mempunyai masalah tentang kesehatan tubuh kita.
                Sering kita mendengar bahwa kesehatan itu mahal, kata siapa? Mungkin kesehatan itu mahal karena factor tertentu. Coba kita tarik dari kesadaran kita, betapa mendukungya alam sekitar, mengapa banyak seseorang lebih bertindak karena sesuatu itu telah terjadi dan mengapa kita bertindak sebelum sesuatu itu terjadi, inilah manusia ingin semuanya instan, padahal dengan sederhana mungkin kita mampu mengatasi penyakit dengan bertahap, kenapa dengan bertahap karena tubuh manusia tidak selamanya kuat pasti mengalami masalah. Namun betapa besarnya andai kita mampu untuk mencegah hal itu tidak terjadi.
                Bisakah kita sedikit meluangkan waktu untuk tubuh kita, karena tubuhkita adalah kendaraan sampai kita mati, karena tubuh kita yang mampu kita miliki secara utuh dan tanpa garansi, sayangilah tubuh karena andai tubuh bisa bicara mungkin tubuh bilang” rawatlah aku karena aku selalu melekat denganmu dan jangan biarkan aku terkuras dengan kemauanmu sediktlah perhatikan apa yang aku butuhkan”. 
TERAPI
                Kami mempunyai metode khusus untuk menangani stroke, yaitu dimana metode ini sudah dikembangkan oleh beberapa ahli seperti melancarkan peredaran darah dan ini kami ikut serta dalam mengembangkanya, oleh karena itu kami memebrikan kepelatihan untuk sembuh dari fisioterapi fisik maupun psikologis. Pelatihan ini mempunyai proses yang sistematis dan ini bisa dipratekan dalam sebuah metode terapi alami yang menggunakan sengatan matahari langsung dalam kegiatan pelatihan.  Dengan proses ini maka kami percaya dan meyakini bahwa dengan metode ini kami selalu berhati dan simak dan teliti dalam proses pelatihan ini, agar penderita stroke dapat sembuh sesuai harapan.
                Kondisi yang dialami oleh penderita stroke memiliki gaya tersendiri, biasanya dengan hakekat manusia yang berbeda – beda maka cara proses penyembuhanya pun juga berfareasi, ini dibuktikan dengan Janis karakter pasien, nah proses pemahaman ini hanya bisa dilakukan dengan orang yang mempunyai profesionalitas di bidangnya,  dengan demikian pula kami selalu memberikan pelayanan sebaik mungkin untuk proses penyembuhan, jika kita analogikan proses – proses penyembuhanya dapat di jelaskan sebagai berikut.
Deteksi penyakit
Banyak cara untuk melakuan indentifikasi awal ini, namun kami biasanya menggunkan pijat refleksi dan mengetahui melalui saraf kaki, adapun dengan cara lain yaitu menggunkan teknologi alat bantu yang mempunyai program sesuai kebutuhan untuk deteksi penyakit, dan media pendukung lain bisa wawancara dan menggali informasi melalui data pasien.
Proses Penanganan  Awal
                Setelah kami mengetahui deteksi penyakitnya, maka langkah selanjutnya yaitu merehab kembali untuk sembuh, yaitu dengan metode terapi awal, yaitu dengan di pijat maupun memeberikan suplemen khusus untuk mendongkrak selama proses penyembuhan
Jemur
                Karean sesuai dengan penjelasan di atas maka kami masih meyakini bahwa dengan kondisi yang alamiah maka ini dapat menyembuhkan secara alami pula, proses ini adalah proses inti dimana pasien setelah melalui petimbangan khusus maka penderita langsung melakukan proses penyembuhan yaitu menjemur sealam kurang lebihnya 2 -3 jam dari pukul tujuh pagi sampai Sembilan pagi, ini untuk kondisi normal, dengan terapi seperti ini dan dibantu dengan alat media pendukung maka proses ini bisa kami jalankan sesuai harapan.

STRUKTURAL
Pembina
sekaligus Ahli terapi stroke        : Sugeng Sulistia
Sekretaris                                           : Wibi Murdi Asto Bangun
Bendahara                                          : Ani Puspiaty
Kariyawan                                           : 1. Sucipto (pelatih)
                                                                  2. Bahrul (pelatih)
                                                                  3. Aning (logistik)
                                                                  4. Evin (logistik)
                                                                  5. Kiki yuandini (kebersihan dan obat - obatan)
Team Konsultasi & Informasi     : 1. Sugeng Haryanto
                                                                   2. Agus Hidayat
                                                                   3. Hariyadi
                                                                   4. Diah
Denagn kondisi susunan struktur inti dalam perusahan kami ini di bidang kesehatan khusunya terapi stroke,  maka di anggab bisa membanti dalam roda kegiatan pengabdian kami saat ini. namun jika di butuhkan dengan kondisi diluar control kita maka kami biasanya bekerja sama dengan lembaga lain yang bersangkutan sesuai fungsi dan kapasitas yang di perlukan.
                Dengan manajemen yang professional kami menjalankan usaha ini tidak sdikit orang mengatakan bahwa ini adalah metode alami dan ini memberikan pelatihan penyembuhan yang logis secara ilmiah maupun rasionalitas. Kami terus mengembangkan usaha ini karena menurut bapak Sugeng sulistia ini merupakan miniature sebuah rumah sehat yang di disaign sebagus mungkin dan selayak mungkin untuk rumah sebuah pengobatan terai dengan metode fisio terapi, fungsingnya serangkaian proses terapy seperti di atas adalah untuk melancarkan peredaran darah dan ini merupakan kunci awal dari sebuah pelatihan penyembuhan.
                Kenapa dengan sinar matahari menjadi alternative utama dalam terapiy kami, karena jelas mengacu pada ilmu medis bahwa yang mengatur suhu tubuh yang mempengaruhi adalah keadaan di luar orang itu sendiri, artinya sinar matahari adalah salah satu alat terapi kami untuk membantu proses penyembuhan penyakit stroke.
Berikut documentasi kegiatan kami dalam proses pelatihan/ fisioterapi
Prses pemijatan/identifikasi awal

Proses terapi jemur/ dimualinya terapi pelatihan untuk sembuh



Gambar di atas di ambil pada saat pagi hari dan itu salah satu cara metode kami untuk proses pelatihan penyembuhan stroke. Pasien kondisi latihanya dalam kurun waktu yang tidak tentu tergantung kondisi bagaimana kondisi pasiean  namun biasanya normalnya sampai 15 – 30 hari untuk proses penyembuhanya.
Ketika kita mengetahui proses terapinya berikut kondisi gedung/ fisik, tempat usaha pelatihan terapy kepelatihan kami ini :
Plang atau papan informasi untuk publicasi
 
Infrastruktur dari/ kamar pasien/dapur/tempat pelatihan/dapur /kamar mandi
PROSES PEMGEMBANGAN\
                Dengan perkembanganya jaman sekarang ini, maka kami dirasa cukup mampu dalam mengembangkan proses rumah terapy ini, di faktorkan dengan kondisi yang masih terbatas ini, sering kali kita mengalami kesulitan ketika lonjakan pasien meningkat, konswekuesinya adalah karena kondisi gedung kami masih belum cukup besar dan hanya mampu menampung 12 – 6 orang pasien, maka dari berbagai sumber survey kami pasien menginginkan adanya penambahan gedung. Alasan seperti ini membuat motovasi tersendiri bagi kami untuk pengembangan usaha ini.
                Sejak kami beroperasi Selma kurang lebih 20 tahun, dengan segala upaya dengan proses yang sungguh – sungguh ini bisa membuktikan beberapa kali setiap penderita pasien bisa sembuh dari keadaan kritis sampai normal kembali, ini menjadi asset untuk perkembangan usaha ini dalam metode keahlian yang diberikan oleh bapak kami Sugeng Sulistia.
                Maka dari itu kami otimis dan yakin bhwa usaha ini adalah usaha pengabdian sekaligus ibadah menurut pandangan relegius, karena proses menyembuhkan seseorang dari penyakit steroke ini salah satu tindakan yang mulia dan kami bangga mengikuti proses – proses ini dengan seikhlas mungkin sesuai kapasitas kami. Akhirnya kami melakukan insiatif perancangan pengembangan in dengan berbagai pertimbangan yang pertama
Faktor yang membuat harus ada perkembangan
  • Kondisi gedung yang masih terbatas ; akibatnya menghambat proses penyembuhan rawat inap.
  • Alat terapi yang masih terbatas ini membuat beberapa metode kami secara manual dan dirasa kurang efesiensi
  • Kurangnya infrastruktur yang membuat proses penyembuhanya mengalami penghambatan
Dengan faktor tersebut maka kami membutuhkan beberapa material untuk membantu proses terapi
No        
ALAT ALAT
HARGA
1
BESI TERAPI
Rp. 15 000,000
2
ALAT DONGKRAK ; MELINGKAR, STENLIS, MANUAL @ 35
Rp.   5.000.000
3
PENAMBAHAN OBAT – OBATAN / HELTY FOOD
Rp.  25.000,000
4
TEMPAT TIDUR PASIEN @ 6 buah
Rp.     7.500.000
5
BANGKU / KURSI UNTUK TERAPI KHUSUS
Rp.     3.500,000
6
SRAGAM UNTUK KARYAWAN
Rp.     1.500,000
7
ALAT PENIMBANGAN BADA
Rp.        500,000
8
ALAT ADMINISTRASI@ COMPUTER/PEMBUKUAN
Rp.     4.500.000
9
LAIN – LAIN
RP.     5.000,000

JUMLAH
Rp.   67.500.000
Dengan demikian rincian di atas maka harapan kami untuk kedepanya lebih baik lebih apa yang kita harapkan, karena kami mempunyai modal semangat dan optimis dalam menjalankan usaha ini dan keyakinan kami tetap teguh jika ini kami akan mengalami perkemabangan sesuai zaman saat ini yang penuh persaingan dan ikut memperbaiki proses kelakyakan di dunia medis terapi penyembuhan seperi yang di kebangkan oleh bapak Sugeng Sulistia ini.
Dengan kenyataan ini sesuai kesepakatan kami untuk pengajua dana denga alsan dan pertimbangan di atas maka bentuk kesepakatan dari kebijakan kami :



BALAI REHABILITASI
“STROKE”
NO : 02/Dimkes /II/2003
Alamat : Selatan Balai Desa Jatisari Krajan RT/RW; 04/02 Jenggawah- Jember tlp: 085258237774

                NAMA                                  :__________________________________________________________
                UMUR                                  :__________________________________________________________
                ALAMAT                              :__________________________________________________________


                STROKE                                                : ………………………….. Minggu …………………. Bulan …………………..Th .............
                Datang Permintaan
                Terapy Rawat Inap          : Hari …………. Tanggal…………... Bulan ……………. Tahun ……………………………
                Kondisi                                 : …………………………………………………………………………………………………………….
                Pulang Dari
                Rawat Inap                         : Hari …………. Tanggal…………... Bulan ……………. Tahun ……………………………
                Kondisi                                 : …………………………………………………………………………………………………………….
                                                                                                                                                Tgl,; ,,,,,,,,,,/,,,,,,,,,,/2014
                                                                                                                                                       Penaggung Jawab

                                                                                                                                                        SUGENG SULISTIA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar